digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian lebih lanjut tentang aliran dua fasa pada rotor sangat diperlukan dalam pengembangan mesin-mesin turbo dengan fluida kerja dua fasa. Penelitian tersebut meliputi karakteristik aliran melalui rotor yang mampu menghasilkan mesin turbo berperforma tinggi. Dengan demikian effisiensi dalam suatu industri proses dan industri energi dapat ditingkatkan. Penurunan enthalpi akan terjadi ketika suatu fluida pada tingkat keadaan cair jenuh bertekanan tinggi diekspansikan ke tingkat keadaan bertekanan rendah melalui sebuah rotor. Diharapkan akan diperoleh energi mekanik dalam jumlah yang besar yang diperoleh dari konversi energi aliran oleh rotor. Rotor yang didesain dengan kaskad kaviti tinggi digunakan untuk menghasilkan penurunan tekanan yang besar. Proses ekspansi tersebut akan disertai terbentuknya fraksi uap pada ruang diantara kaskad. Proses terbentuknya fraksi uap ini diakibatkan tekanan lokal yang mencapai tekanan uap jenuh pada temperatur lingkungan. Pada penelitian ini akan digunakan beberapa bentuk kaskad kaviti tinggi. Hasil pengujian ini akan memberikan gambaran performa dan karakteristik masing-masing tipe rotor. Data-data yang diperoleh akan digunakan sebagai dasar pada pengujian rotor dengan fluida kerja dua fasa lebih lanjut.