Tujuan dari penelitian ini membangun model kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi. Proses yang
dilakukan adalah mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan SI serta faktor-faktor ketidaksuksesan sistem
informasi. Serta menganalisis hubungan faktor kesuksesan sistem informasi dan ketidaksuksesan sistem
informasi. Memetakan faktor-faktor tersebut terhadap model kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi
dengan analogi model kepuasan pelanggan yaitu model Kano. Langkah pertama yang dilakukan adalah
mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi dari berbagai penelitian yang
sudah dilakukan. Hasilnya terdapat 31 faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi yang
diidentifikasi. Langkah kedua adalah menghitung faktor tersebut dengan metode analisis faktor. Hasilnya adalah
pengelompokan faktor-faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi berdasarkan pengaruh
dominasinya. Langkah ketiga merestrukturisasi metode Kano, sehingga hasil pada langkah kedua dipetakan
kedalam metode Kano yang direstrukturisasi dengan tujuan untuk menilai kesuksesan dan ketidaksuksesan
sistem informasi.