digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini membangun model kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi. Proses yang dilakukan adalah mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan SI serta faktor-faktor ketidaksuksesan sistem informasi. Serta menganalisis hubungan faktor kesuksesan sistem informasi dan ketidaksuksesan sistem informasi. Memetakan faktor-faktor tersebut terhadap model kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi dengan analogi model kepuasan pelanggan yaitu model Kano. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan. Hasilnya terdapat 31 faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi yang diidentifikasi. Langkah kedua adalah menghitung faktor tersebut dengan metode analisis faktor. Hasilnya adalah pengelompokan faktor-faktor kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi berdasarkan pengaruh dominasinya. Langkah ketiga merestrukturisasi metode Kano, sehingga hasil pada langkah kedua dipetakan kedalam metode Kano yang direstrukturisasi dengan tujuan untuk menilai kesuksesan dan ketidaksuksesan sistem informasi.