digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP YOSI MALATTA MADSU 1.pdf

File tidak tersedia

Semakin banyak perhitungan simulasi yang digunakan pada game simulasi kota (Game), semakin rumit pula pembangunan suatu game nantinya. Pengembangan Game seperti ini dapat memakan waktu cukup lama ketika tahap desain diperumit oleh perhitungan dan pemodelan aspek-aspek simulasinya. Untuk itu diperlukan suatu metoda desain dan implementasi yang dapat lebih menyederhanakan pembangunan Game, dan membuat pengembangan dan penambahan model-model simulasi Game lebih mudah. Tujuan penelitian adalah untuk membangun desain dan implementasi Game yang mampu mendukung kompleksitas perhitungan simulasi dan microsimulation yang banyak dan rumit. Serta memisahkan desain pemodelan simulasi dan desain unsur aplikasi Game dengan menggunakan kelas yang fleksibel untuk memudahkan desain simulasi dan pengembangan aplikasi. Dalam penelitian dibangun sebuah game bernama Simfoty sebagai dasar pendekatan desain dan implementasi game simulasi kota. Microsoft Visual C# dan Microsoft XNA 3.0 digunakan sebagai implementasi dari desain aplikasi. Pembangunan Simfoty dengan menggunakan desain dan implementasi kelas fleksibel yang mendukung microsimulation dapat memisahkan desain model-model simulasi dengan desain aplikasi, sehingga memudahkan desain model-model simulasi. Serta implementasi model-model simulasi pada tahap pengembangan tidak akan mengganggu desain aplikasi. Dukungan microsimulation di kelas yang fleksibel pada Simfoty sanggup menyederhanakan proses keseluruhan simulasi yang banyak dan rumit pada aplikasi.