digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Simulasi fluida memerlukan jumlah partikel yang banyak dan framerate yang tinggi untuk menghasilkan simulasi yang realistis dan mulus. Tugas Akhir ini membahas implementasi simulasi fluida pada Graphics Processing Unit (GPU) dengan compute shader guna meningkatkan kinerja simulasi fluida. Algoritma simulasi yang digunakan adalah Material Point Method (MPM) sehingga material fluida yang disimulasikan dapat dengan mudah diatur. Implementasi pada GPU dilakukan dengan memparalelkan kode simulasi dan compute shader akan menjalankan kode paralel simulasi tersebut. Paralelisasi dilakukan dengan membagi simulasi menjadi enam bagian yang akan berjalan serial secara keseluruhan, dan masing-masing berjalan secara paralel. Implementasi simulasi fluida MPM dilakukan dengan menggunakan library Cinder dengan bahasa C++. Kode simulasi ditulis pada enam compute shader berbeda sesuai dengan pembagian simulasi untuk paralelisasi. Hasil implementasi simulasi fluida MPM pada GPU dengan menggunakan compute shader ini menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan setelah diuji. Pengujian juga membuktikan adanya perbedaan ukuran work group yang optimal untuk setiap GPU pada implementasi compute shader. Simulasi fluida MPM dapat diimplementasi pada GPU dengan menggunakan compute shader dengan membagi simulasi menjadi enam bagian. Hasil implementasinya juga terbukti meningkatkan kinerja simulasi fluida secara signifikan. Ukuran work group yang optimal juga berbeda-beda untuk setiap GPU, sehingga penentuan ukuran work group perlu dipertimbangkan.