digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC Open In Flipbook karya


Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB


BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB

Ketidaktahuan terhadap cara merawat kucing dapat menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap nya. Dalam upaya menghindari hal yang tidak diinginkan, perlu adanya media edukasi mengenai panduan memelihara kucing bagi masyarakat. Permainan berbasis teknologi (Game) dipertimbangkan sebagai media yang paling baik digunakan sebagai media pembelajaran. Pembelajaran berbasis Game mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran lain yang hanya satu arah. Selain itu pembelajaran berbasis game juga bisa digunakan sebagai strategi dari metode pembelajaran simulasi. State-Based Behaviors merupakan metode kecerdasan buatan yang paling cocok digunakan dalam penelitian ini dibanding Pathfinding dan Strategy and Planning. Hal ini dikarenakan metode Pathfinding berguna untuk Non Player Character yang berpindah-pindah lokasi, sementara Strategy and Planning digunakan untuk permainan strategi. Tidak seperti Moar yang hanya memiliki empat parameter, sementara AICat 3D memiliki tujuh parameter yang digunakan yaitu Hungry, Poop, Pee, Thirsty, happiness, Health, dan Cleanliness. Dengan menggunakan sebuah State Machine Behavior, dibuat lah interaksi sesuai state yang berjalan mempengaruhi nilai disiplin. Ada 4 jenis disiplin yaitu Discipline Hungry, Discipline Happiness, Discipline Cleanliness, dan Sosial. Pengujian simulasi AICat 3D dilakukan terhadap 30 pengguna dengan memberikan tes sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi selama 7 hari. Hasil tes menunjukkan bahwa 73,3% mengalami peningkatan rank dan rata-rata jumlah soal yang terjawab sebelum menggunakan AICat 3D sebesar 7,467 menjadi 9,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa AICat 3D bisa diimplementasikan sebagai media pembelajaran karena memberikan peningkatan terhadap pengetahuan peserta mengenai pemeliharaan kucing yang baik dan benar. Selain itu dilakukan perhitungan Wilcoxon signed rank test dengan p-value sebesar 0,0000185 kurang dari batas signifikansi penelitian 0,05, yang artinya memberikan pengaruh yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan sistem simulasi AICat 3D ini.