Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB I
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB II
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB III
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB IV
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB V
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Ketidaktahuan terhadap cara merawat kucing dapat menimbulkan pengaruh yang
buruk terhadap nya. Dalam upaya menghindari hal yang tidak diinginkan, perlu
adanya media edukasi mengenai panduan memelihara kucing bagi masyarakat.
Permainan berbasis teknologi (Game) dipertimbangkan sebagai media yang paling
baik digunakan sebagai media pembelajaran. Pembelajaran berbasis Game
mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan media
pembelajaran lain yang hanya satu arah. Selain itu pembelajaran berbasis game juga
bisa digunakan sebagai strategi dari metode pembelajaran simulasi.
State-Based Behaviors merupakan metode kecerdasan buatan yang paling cocok
digunakan dalam penelitian ini dibanding Pathfinding dan Strategy and Planning.
Hal ini dikarenakan metode Pathfinding berguna untuk Non Player Character yang
berpindah-pindah lokasi, sementara Strategy and Planning digunakan untuk
permainan strategi. Tidak seperti Moar yang hanya memiliki empat parameter,
sementara AICat 3D memiliki tujuh parameter yang digunakan yaitu Hungry, Poop,
Pee, Thirsty, happiness, Health, dan Cleanliness. Dengan menggunakan sebuah
State Machine Behavior, dibuat lah interaksi sesuai state yang berjalan
mempengaruhi nilai disiplin. Ada 4 jenis disiplin yaitu Discipline Hungry,
Discipline Happiness, Discipline Cleanliness, dan Sosial.
Pengujian simulasi AICat 3D dilakukan terhadap 30 pengguna dengan memberikan
tes sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi selama 7 hari. Hasil tes
menunjukkan bahwa 73,3% mengalami peningkatan rank dan rata-rata jumlah soal
yang terjawab sebelum menggunakan AICat 3D sebesar 7,467 menjadi 9,9.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa AICat 3D bisa diimplementasikan sebagai
media pembelajaran karena memberikan peningkatan terhadap pengetahuan peserta
mengenai pemeliharaan kucing yang baik dan benar. Selain itu dilakukan
perhitungan Wilcoxon signed rank test dengan p-value sebesar 0,0000185 kurang
dari batas signifikansi penelitian 0,05, yang artinya memberikan pengaruh yang
signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan sistem simulasi AICat 3D ini.
Perpustakaan Digital ITB