digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ibu rumah tangga adalah khalayak sasaran yang potensial dalam pasar susu formula sehingga perlu untuk mengetahu strategi ciri visual anak-anak didalam iklan TV susu formula. Penelitian mengkaji persepsi ibu rumah tangga tentang kemunculan anak-anak dalam iklan TV susu SGM Eksplor 1+ versi “manivesto” dan versi “the artist” sebagai rujukan perancangan dimasa mendatang. Melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan lima ibu rumah tangga dilakukan penggalian persepsi tentang iklan dan kemunculan anak-anak didalamnya. Anak yang disukai ibu dicirikan secara visual sebagai anak yang aktif, cerdas, mandiri, ceria, cepat tanggap, berani, mudah bergaul, kreatif dan lekat dengan orang tua. Anak-anak dalam iklan berperan membangun ‘minat dan relevansi’ ibu rumah tangga dalam membangun persepsi. Terdapat metafora dan metonim dalam kedua iklan. Anak-anak dalam iklan versi “the artist” memiliki kesempatan mendapat atensi dan persepsi yang lebih besar daripada iklan versi “manivesto”. Anak dalam iklan versi “manivesto” dipersepsikan belum kreatif dan kurang cerdas oleh ibu, dan anak dalam iklan versi “the artist” dipersepsikan aktif. Iklan versi “the artist” memiliki potensi kekuatan persuasi yang kuat dibandingkan dengan versi “manivesto”. Terjadi noise pada iklan versi “manivesto” dan tidak terjadi noise pada iklan “the artist”.