digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Aline Celinka Santoso
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan salah satu perusahaan retail di Indonesia yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari bahan makanan, produk perawatan diri dan kecantikan, perlengkapan rumah tangga, hingga berbagai produk elektronik. Selama dua tahun terakhir, PT X telah menjalin kerja sama dengan PT Y sebagai penyedia bahan baku makanan untuk para merchant di wilayah Jakarta. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, PT X mulai menerapkan strategi crossselling dengan menawarkan produk tambahan yang berpotensi dibutuhkan oleh merchant. Namun, strategi ini masih sulit untuk dilakukan secara konsisten karena belum adanya metode sistematis yang dapat membantu tim dalam mengolah data transaksi historis dan memahami pola pembelian merchant secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan yang dapat membantu PT X dalam menjalankan strategi cross-selling secara lebih rutin dan menyeluruh. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping dengan tahapan planning, analysis, dan design. Selain itu, perancangan model dalam sistem pendukung keputusan dilakukan dengan mengacu pada tahapan terstandarisasi Cross Industry Standard Process for Data Mining (CRISPDM). Kegiatan penelitian mencakup analisis kondisi existing, identifikasi kebutuhan, pemodelan, perancangan komponen dan prototipe sistem pendukung keputusan, evaluasi prototipe, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan prototipe sistem pendukung keputusan yang memanfaatkan association rule mining untuk menghasilkan rekomendasi kombinasi produk untuk ditawarkan kepada merchant. Terdapat dua jenis prototipe yang dihasilkan, yaitu prototipe desain antarmuka (user interface) dan prototipe simulasi untuk menunjukkan cara kerja sistem. Selain prototipe, dihasilkan juga rancangan Entity Relationship Diagram (ERD) yang menggambarkan relasi antarentitas dalam sistem.