Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Cover - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pustaka - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Lampiran - Nazwa Aqiela Bilbina
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Sebagai perusahaan yang bergerak di industri fashion, Adorable Projects perlu mengetahui
preferensi pasar untuk pengembangan produknya. Jenis produk yang pertama ditawarkan
dan menjadi produk unggulan hingga saat ini adalah produk alas kaki. Selama
keberjalanannya, Adorable Projects bergantung pada ulasan konsumen untuk memperoleh
insight mengenai kebutuhan konsumen. Ulasan konsumen mengenai produk alas kaki
mereka membanjiri berbagai kanal, salah satunya adalah WhatsApp Customer Service
perusahaan. Ulasan yang diterima melalui kanal tersebut dikumpulkan dalam satu dataset
untuk dianalisis. Namun, sampai saat ini, analisis preferensi konsumen pada dataset tersebut
belum dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu, diperlukan alat bantu yang dapat
membantu memetakan sentimen ulasan dan topik apa saja yang dibahas pada ulasan.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan membangun model text
mining yang dapat menganalisis sentimen dan topik-topik pada produk alas kaki Adorable
Projects.
Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah Cross-Industry Standard Process for
Data Mining (CRISP-DM) dengan tahapan pemahaman bisnis, pemahaman data, persiapan
data, pemodelan, evaluasi, dan deployment. Dataset ulasan produk alas kaki yang dimiliki
Adorable Projects diklasifikasikan menjadi tiga sentimen, yaitu negatif, netral, dan positif.
Proses klasifikasi dilakukan dengan menggunakan dua model, yaitu machine learning
dengan algoritma Support Vector Machine (SVM) dan deep learning dengan algoritma
Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM). Kemudian, dipilih model yang
menghasilkan performansi terbaik dari kedua model tersebut untuk diterapkan pada
prototipe yang dirancang. Selain klasifikasi, penelitian ini melakukan analisis topik pada
setiap sentimennya dengan menggunakan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA).
Model SVM yang telah melalui proses hyperparameter tuning menghasilkan performansi
terbaik pada penelitian ini dengan akurasi sebesar 91%. Kemudian, pemodelan LDA
menghasilkan 13 topik optimal untuk sentimen negatif, 9 topik optimal untuk sentimen netral,
dan 3 topik optimal untuk sentimen positif. Prototipe dirancang dengan framework Streamlit
dan telah memenuhi seluruh kebutuhan berdasarkan verifikasi. Hasil validasi prototipe
menunjukkan bahwa sistem prototipe memiliki fungsionalitas yang baik untuk perusahaan.
Perpustakaan Digital ITB