digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Akmal Maulana [17421035]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Isu penurunan attention span pelajar SMA yang semakin rendah akibat distraksi gawai dan media sosial yang kian intens menjadi dasar dari perancangan kampanye sosial ini. Fenomena ini berimplikasi pada memburuknya kemampuan kognitif siswa, prestasi akademik, kesehatan mental sampai kehidupan sosial mereka. Penelitian kualitatif ini menggunakan kerangka Double Diamond dengan metode pengambilan data menggunakan studi literatur, observasi, serta wawancara mendalam dengan pelajar, guru, konselor, dan ahli media. Hasil data analisis menunjukkan penurunan fokus dan attention span juga disebabkan oleh ketidaksesuaian materi dengan minat siswa. Temuan lain menunjukkan Gen Z menempatkan media sosial sebagai rujukan utama kehidupan sehari-hari mereka. Menanggapi wawasan dan temuan ini, dirancang kampanye sosial “FYP: Fokus Yuk, Please” sebagai program Corporate Social Responsibility Ruangguru. Konsep utama kampanye adalah cultural hijack terhadap istilah populer FYP (For You Page) yang dikemas dalam nada kasual agar tidak menggurui, dengan strategi menyusup ke ekosistem digital Gen Z alih-alih melawannya secara frontal. Rancangan medianya mencakup serial konten di TikTok dan Instagram yang membangun narasi bertahap, kuis interaktif “Profil FYP-mu”, poster digital, playlist belajar, dan fitur “SmartStudy” di aplikasi Ruangguru untuk membantu manajemen waktu belajar. Kampanye ini membangun kesadaran lewat pendekatan ringan dan relevan, mendorong refleksi sebagai awal perubahan perilaku.