digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Celinda Dzikrana [17421047]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Tingginya angka mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya menghasilkan transportasi umum KRL Commuter Line Jabodetabek tulang punggung transportasi massal masyarakat di wilayah tersebut. Angka pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek yang semakin tinggi ini tidak merefleksikan kepatuhan pengguna terhadap kebijakan dan peraturan yang ditetapkan, masih terdapat banyak pengguna yang melakukan hal-hal yang merefleksikan ketidakpatuhan dan kurangnya kepedulian akan etika dan peraturan yang berlaku di lingkup KRL Commuter Line Jabodetabek. Oleh karena itu, perancangan kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku pengguna KRL agar lebih tertib dan mematuhi etika serta aturan KRL Commuter Line Jabodetabek. Kampanye ini dirancang dengan pengumpulan data melalui studi literatur, observasi lapangan, dan wawancara. Hasil dari analisis berupa adalah strategi dan konsep Iklan Layanan Masyarakat dalam bentuk kampanye sosial yang dirancang sesuai dengan urutan tahapan kampanye dan menggunakan model komunikasi AIDCA.