digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aisyah Nurjannah [17421090]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Cerita mitos, menjadi salah satu warisan tak benda yang banyak mengakar di Indonesia. Salah satu mitos yang terkenal dan banyak diketahui masyarakat adalah cerita mitos Nyi Roro Kidul. Tidak jarang, cerita-cerita ini hadir dengan bumbu-bumbu mistis yang kental. Kepercayaan yang mengasosiasikan segala sesuatu hal dengan hal mistis ini disebut dengan Logika Mistika. Logika Mistika ini masih banyak diyakini dan mengakar dalam masyarakat kita, tidak terkecuali bagi para remaja. Masih banyak remaja dengan rentang usia 15-21 tahun yang masih mempercayai mitos sebagai sesuatu hal yang mistis saja. Melalui pengumpulan data dengan wawancara ahli, wawancara beberapa target audiens, kajian pustaka, dan menyebarkan kuesioner, didapatkan hasil bahwa animasi 2D dapat menjadi salah satu media yang cocok untuk mengidentifikasi logika mistika dalam cerita mitos Nyi Roro Kidul. Tujuannya agar para remaja dapat lebih memahami sebuah mitos dan tidak hanya menganggapnya sebagai logika mistika semata. Karena ternyata mitos-mitos yang selama ini kita anggap sebagai hal mistis semata, mungkin membawa pesan turun temurun dari nenek moyang kita. Dengan pendekatan design thinking, dilakukan perancangan animasi 2d untuk mengidentifikasi logika mistika sebagai upaya untuk memahami mitos Nyi Roro Kidul.