digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mochammad Savero Anandhitya [17521026]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Electronic Sports (Esports) merupakan cabang kompetisi video game digital yang diadakan pada tingkat professional dan kompetitif seperti olahraga tradisional pada umumnya, dan telah diakui sebagai cabang olahraga resmi dalam berbagai ajang seperti PON XII 2024, SEA Games 2023, dan Asian Games 2022. Di balik Perkembangan dan pertumbuhan industri Esports, terdapat permasalahan serius terkait kesehatan atlet esport, salah satunya adalah resiko cedera muskuloskeletal pada bagian pergelangan tangan. Cedera ini disebabkan oleh aktivitas esports yang intens dan lama, yang melibatkan gerakan motorik halus secara berulang selama 5 hingga 10 jam per hari saat mereka melakukan latihan, yang berdampak pada otot dan saraf. Jika tidak ditangani, cedera ini dapat menyebabkan nyeri tangan, mati rasa, bahkan hilangnya fungsi otot, yang pada akhirnya memaksa atlet untuk pensiun dini meskipun usia mereka masih muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pencegah gangguan muskuloskeletal pada bagian pergelangan tangan khusunya untuk atlet esports dengan pendekatan desain produk dan ilmu humaniora. Produk ini diharapkan dapat memperpanjang masa karier mereka dan mendukung perkembangan industri esports. Metodologi penelitian mencakup studi literatur dan wawancara dengan atlet Esports serta pakar medis seperti dokter spesialis ortopedi dan kedokteran olahraga. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Desain pad yang bisa disesuaikan ukurannya dengan kenyamanan user dan memiliki dua macam pad untuk dua jenis grip yang berbeda. Yang diharapkan mampu menjadi solusi yang relevan, ergonomis, dan fungsional pada masalah penelitian, sehingga dapat mengurangi resiko cedera muskolesketal pada pergelangan tangan untuk atlet esports.