Mochammad Savero Anandhitya [17521026]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Electronic Sports (Esports) merupakan cabang kompetisi video game digital yang
diadakan pada tingkat professional dan kompetitif seperti olahraga tradisional pada
umumnya, dan telah diakui sebagai cabang olahraga resmi dalam berbagai ajang
seperti PON XII 2024, SEA Games 2023, dan Asian Games 2022. Di balik
Perkembangan dan pertumbuhan industri Esports, terdapat permasalahan serius
terkait kesehatan atlet esport, salah satunya adalah resiko cedera muskuloskeletal
pada bagian pergelangan tangan. Cedera ini disebabkan oleh aktivitas esports yang
intens dan lama, yang melibatkan gerakan motorik halus secara berulang selama 5
hingga 10 jam per hari saat mereka melakukan latihan, yang berdampak pada otot
dan saraf. Jika tidak ditangani, cedera ini dapat menyebabkan nyeri tangan, mati
rasa, bahkan hilangnya fungsi otot, yang pada akhirnya memaksa atlet untuk
pensiun dini meskipun usia mereka masih muda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pencegah gangguan
muskuloskeletal pada bagian pergelangan tangan khusunya untuk atlet esports
dengan pendekatan desain produk dan ilmu humaniora. Produk ini diharapkan
dapat memperpanjang masa karier mereka dan mendukung perkembangan industri
esports. Metodologi penelitian mencakup studi literatur dan wawancara dengan
atlet Esports serta pakar medis seperti dokter spesialis ortopedi dan kedokteran
olahraga. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Desain pad yang bisa disesuaikan
ukurannya dengan kenyamanan user dan memiliki dua macam pad untuk dua jenis
grip yang berbeda. Yang diharapkan mampu menjadi solusi yang relevan,
ergonomis, dan fungsional pada masalah penelitian, sehingga dapat mengurangi
resiko cedera muskolesketal pada pergelangan tangan untuk atlet esports.
Perpustakaan Digital ITB