2023 SK PP Salwa Qotrunnada [19020264] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Dunia pendidikan di Indonesia telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan penggunaan internet. Covid-19 adalah titik di mana terlihat bahwa kemajuan teknologi dapat membantu pembelajaran di mana saja tanpa membutuhkan pertemuan secara langsung. Di Indonesia, selain pendidikan formal, pendidikan keterampilan diperlukan dan menurut McKinsey, Indonesia pada tahun 2030 akan membutuhkan tambahan 10 juta orang dengan gelar lanjutan dan kemampuan baru. Ini jelas menunjukkan bahwa kursus pendidikan keterampilan akan menjadi pasar yang menarik bagi Pemain EdTech. MySkill adalah salah satu start-up belajar online yang memiliki potensi yang signifikan untuk berkembang sebagai akibat dari perubahan fenomena ini. Untuk mempromosikan layanan mereka, MySkill mengadopsi berbagai strategi periklanan, termasuk pemasaran online. Terutama dengan email marketing. Namun, pemasaran email tampaknya tidak berkontribusi pada pengaruh yang tinggi dari niat pelanggan untuk membeli layanan MySkill. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efek kepercayaan pelanggan pada izin pemasaran email dan pengaruh selanjutnya pada niat pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei online terhadap pengguna MySkill yang telah terdaftar di situs web MySkill. Peneliti menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM untuk menganalisis hasil survei. Hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan secara signifikan mempengaruhi penerimaan izin pemasaran email dan niat pembelian. Selain itu, izin pemasaran email ditemukan memiliki efek positif pada keuntungannya yang dirasakan dan kemudahan penggunaannya, yang mengarah pada peningkatan niat pembelian pelanggan. Namun, hubungan antara kemudahan penggunaan yang dirasakan dan niat pembelian tidak signifikan secara statistik. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan untuk mengembangkan strategi yang lebih baik di industri teknologi pendidikan atau industri terkait tentang niat membeli di Indonesia. Karena keterbatasan penelitian, penelitian di masa depan diharapkan akan mencakup lebih banyak faktor, sampel, dan ruang lingkup yang lebih luas untuk lebih baik menjelaskan faktor yang mempengaruhi niat pembelian kursus berbayar online.
Perpustakaan Digital ITB