Terowongan segmental lining dengan metode konstruksi Tunnel Boring Machine terdiri dari beberapa segmen beton yang digabungkan dengan sambungan memanjang dan sambungan melingkar. Terdapat beberapa metode analisis struktural dengan solusi analitis dan pendekatan numerik yang dikembangkan untuk desain semental lining pada terowongan. Akan tetapi, kondisi di Indonesia saat ini adalah belum terdapatnya kode atau standar yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mendesain terowongan. Selain itu, belum banyak studi yang membahas terkait penggunaan metode dan pendekatan desain terowongan secara komperhensif untuk studi kasus di Indonesia. Analisis pengaruh kegempaan pada struktur bawah tanah seperti terowongan berbeda dengan struktur permukaan, mengingat struktur bawah tanah terbatasi oleh media sekitarnya (tanah atau batuan). Tujuan dari studi ini adalah mendapatkan respon/perilaku terowongan akibat beban – beban yang bekerja dengan metode analitis dan metode numerik. Studi ini juga akan memberikan pengaruh kegempaan pada terowongan. Dalam studi ini, metode analisis yang berbeda digunakan untuk mengetahui perilaku terowongan, yaitu Conventional Calculation Method, Curtis Muir Wood, dan Beam – Spring Model. Untuk analisis pengaruh kegempaan, digunakan pendekatan free – field dan pendekatan interaksi, baik untuk analisis longitudinal maupun transversal terowongan. Secara garis besar, studi ini memberikan hasil perilaku terowongan dengan metode – metode yang berbeda berdasarkan beban yang dimodelkan. Komparasi metode menunjukkan bahwa metode analitis memberikan hasil gaya dalam dan deformasi yang lebih besar dibandinkan dengan metode numerik, dikarenakan asumsi pemodelan yang lebih detil pada metode numerik. Analisis kegempaan pada terowongan didasarkan pada deformasi free – field yang terjadi pada tanah. Studi ini juga memberikan pengaruh kegempaan pada kedua kondisi ODE dan MDE. Studi ini menunjukkan bahwa selain karakteristik segmen beton, sifat mekanik dan geometri sambungan segmen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku struktural lapisan terowongan segmental.
Perpustakaan Digital ITB