KALBE NUTRITIONAL adalah salah satu dari empat divisi perusahaan Farmasi yang berfokus pada Nutrisi. Di awal tahun 2020, saat pandemi Covid-19 melanda, KALBE mengalami penurunan pendapatan secara triwulanan dan mengalami pertumbuhan yang stagnan dalam dua tahun terakhir. Namun, permintaan akan produk kesehatan semakin meningkat, terbukti dari Google Trends yang menjadi peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
Oleh karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk membuat inisiatif pemasaran digital dengan mengevaluasi segmentasi dan target, menjelajahi saluran yang paling optimal, dan meneliti strategi konten apa yang paling ideal.
Dalam mengeksplorasi masalah bisnis, analisis segmentasi dan penargetan dilakukan. Optimalisasi saluran pemasaran digital dilakukan berdasarkan jalur 5A.
Pada tahap awareness, channel yang dieksplorasi adalah media sosial berbayar. SEO pada tahap banding. Situs web pada tahap bertanya. E-niaga pada tahap tindakan. Email pada tahap advokat. Selain itu, dari hasil penelitian content strategy dapat diketahui bahwa target audience Pareto cenderung menyukai jenis dan format konten edukasi. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan perusahaan untuk membuat konten pendidikan yang sederhana. Akhirnya, jadwal tahunan dibuat untuk setiap merek.
Perpustakaan Digital ITB