2023 SK PP Noill K Tessalonika Waruwu [19020147] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Tujuan dari kegiatan mentoring adalah membantu seseorang/mentee untuk dapat belajar bagaimana memaksimalkan potensinya, mengembangkan keterampilannya, meningkatkan kinerjanya atau menjadi orang yang diinginkannya. Mentoring dapat mengurangi stres karena belajar atau bekerja. Itu juga bisa mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik atau lebih hebat dari sebelumnya. Ketika efektivitas program pendampingan baik, maka akan sangat meningkatkan pekerjaan atau studi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Mahasiswa di SBM ITB selalu mengalami stress selama masa TPB (semester 1 dan 2) maka diadakan program pendampingan non akademik. Namun, para mahasiswa menyiratkan bahwa proses pendampingan tidak efektif untuk dapat membantu mereka dalam kehidupan kampus mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Dukungan Psikologis dan Emosional, Dukungan Gelar dan Karir, Dukungan Pengetahuan Mata Pelajaran, Keberadaan Role Model terhadap Efektivitas Pendampingan Non Akademik. Pengaruh itu bisa positif atau negatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan memanfaatkan kuesioner online yang dibagikan kepada seluruh SBM ITB yang telah mengikuti program pendampingan non akademik yang terdiri dari 105 mahasiswa. Penelitian ini mendukung hipotesis bahwa Gelar dan Dukungan Karir, Dukungan Pengetahuan Mata Pelajaran Akademik, Keberadaan Role Model berpengaruh positif terhadap efektivitas pendampingan non akademik tetapi menolak hipotesis bahwa Dukungan Psikologis dan Emosional berpengaruh positif karena memberikan pengaruh negatif. terhadap efektivitas pendampingan non akademik. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada KMM ITB (organisasi kemahasiswaan yang mengelola program ini) dan SBM ITB (yang bekerja sama dengan KMM ITB dalam program ini) untuk mengimplementasikan Dukungan Gelar dan Karir, Dukungan Pengetahuan Mata Pelajaran Akademik, Adanya Role Model berdasarkan menemukan bahwa faktor-faktor tersebut mampu memberikan pengaruh positif terhadap efektivitas pendampingan non akademik.
Perpustakaan Digital ITB