
ABSTRAK - Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Tsania Fatimatus Zahro
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Bandara Internasional Dhoho di Kediri dibangun sebagai pusat konektivitas baru untuk mendukung kebutuhan transportasi udara Jawa Timur bagian barat dan diproyeksikan menjadi bandara internasional. Seiring tren peningkatan jumlah penumpang sejak soft launching pada April 2024, kebutuhan akan fasilitas check-in counter menjadi semakin penting untuk mencegah antrian panjang dan waktu tunggu yang lama. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja sistem antrian pada area check-in Bandara International Dhoho, Kediri dengan pemodelan mikrosimulasi menggunakan PTV Viswalk. Simulasi dilakukan selama 3.600 detik pada dua skenario, yaitu skenario demand rendah dan demand tinggi, untuk merepresentasikan dinamika pergerakan penumpang pada jam sibuk. Hasil simulasi dianalisis menggunakan uji homogenitas (F-Test) dan uji signifikansi (T-Test). Uji homogenitas menunjukkan variansi antara kedua skenario homogen untuk parameter panjang antrian dan tidak homogen untuk kecepatan dan kerapatan sedangkan uji signifikansi menunjukkan perbedaan rata-rata yang sangat signifikan pada parameter uji. Temuan ini membuktikan bahwa lonjakan demand tinggi menyebabkan perubahan drastis pada karakteristik antrian dan berpotensi menimbulkan bottleneck di area check-in. Selain itu, hasil pemodelan membuktikan bahwa sistem multiple channel single phase dapat mengurangi penumpukan antrian dan mengurangi waktu tunggu dan mengurangi penumpukan dibandingkan single channel single queue, terutama pada kondisi demand tinggi. Evaluasi juga menunjukkan bahwa jumlah check-in counter di Bandara Internasional Dhoho, Kediri saat ini belum memenuhi standar acuan dan perlu penambahan loket serta fasilitas yang belum tersedia.