ABSTRAK Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelabuhan Pondok Dayung merupakan pelabuhan yang dikelola oleh TNI AL
berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta. Pada tahun 2025, Pelabuhan Pondok Dayung
mampu menampung kapal kelas LPD dengan panjang (LOA) 122 meter, lebar (B)
22 meter, dan draft (D) 4,9 meter. Kondisi kedalaman perairan eksisting Pelabuhan
Pondok Dayung rata-rata berkisar antara 6 – 7 meter dari LLWL. Pelabuhan Pondok
Dayung direncanakan mampu menampung kapal dengan dimensi yang lebih besar,
oleh karena itu pada Tugas Akhir ini akan dilakukan desain layout dan perencanaan
pekerjaan pengerukan alur pelayaran dan kolam putar baru. Bahasan yang ada pada
Tugas Akhir ini meliputi desain layout alur pelayaran dan kolam putar, estimasi
volume keruk, estimasi durasi pekerjaan pengerukan, dan estimasi biaya pekerjaan
pengerukan. Setelah melalui proses desain, didapatkan dimensi alur pelayaran
dengan kedalaman 8 meter dari LLWL, lebar 99 meter, dan kemiringan tanah dasar
perairan 1:1,5. Untuk kolam putar kedalamannya disamakan dengan alur pelayaran
yaitu 8 meter dari LLWL serta diameternya sebesar 376,5 meter. Dengan
menggunakan metode cross section, diperoleh estimasi volume keruk sebesar
328.053,373 m3. Pada perencanaan pekerjaan pengerukan ini, dibuat dua skenario,
yaitu pengerukan menggunakan kapal backhoe dredger serta pengerukan
menggunakan kapal CSD.
Perpustakaan Digital ITB