digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Rizaldi Fauzan Rafi
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Pondok Dayung merupakan pelabuhan yang dikelola oleh TNI AL berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta. Pada tahun 2025, Pelabuhan Pondok Dayung mampu menampung kapal kelas LPD dengan panjang (LOA) 122 meter, lebar (B) 22 meter, dan draft (D) 4,9 meter. Kondisi kedalaman perairan eksisting Pelabuhan Pondok Dayung rata-rata berkisar antara 6 – 7 meter dari LLWL. Pelabuhan Pondok Dayung direncanakan mampu menampung kapal dengan dimensi yang lebih besar, oleh karena itu pada Tugas Akhir ini akan dilakukan desain layout dan perencanaan pekerjaan pengerukan alur pelayaran dan kolam putar baru. Bahasan yang ada pada Tugas Akhir ini meliputi desain layout alur pelayaran dan kolam putar, estimasi volume keruk, estimasi durasi pekerjaan pengerukan, dan estimasi biaya pekerjaan pengerukan. Setelah melalui proses desain, didapatkan dimensi alur pelayaran dengan kedalaman 8 meter dari LLWL, lebar 99 meter, dan kemiringan tanah dasar perairan 1:1,5. Untuk kolam putar kedalamannya disamakan dengan alur pelayaran yaitu 8 meter dari LLWL serta diameternya sebesar 376,5 meter. Dengan menggunakan metode cross section, diperoleh estimasi volume keruk sebesar 328.053,373 m3. Pada perencanaan pekerjaan pengerukan ini, dibuat dua skenario, yaitu pengerukan menggunakan kapal backhoe dredger serta pengerukan menggunakan kapal CSD.