ABSTRAK Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Tysha Alya Ramadhany
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Fisika merupakan ilmu dasar yang mempelajari komponen fundamental alam
semesta, termasuk fenomena sistem kompleks yang berinteraksi secara dinamis.
Sosiofisika merupakan cabang ilmu fisika yang mengadopsi konsep fisika untuk
menganalisis pola kolektif perilaku manusia. Dalam konteks marketplace, sifat
non-linear interaksi pengguna menciptakan pola-pola unik yang memengaruhi
pengalaman pengguna dan keputusan kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis sentimen pengguna terhadap UI/UX aplikasi Shopee dan Tokopedia.
Analisis sentimen merupakan salah satu metode dalam memahami opini, perasaan,
atau sikap masyarakat terhadap suatu topik tertentu. Dalam penelitian ini digunakan
metode Naive Bayes, Support Vector Machine (SVM), dan Entropi Maksimum.
Data ulasan diambil dari Google Play Store pada periode Januari hingga Desember
2024. Data diolah melalui tahap pelabelan dan pre-processing. Berdasarkan hasil
evaluasi pada ulasan Shopee, model SVM menghasilkan akurasi sebesar 82,91%,
Naive Bayes 79,52%, dan Entropi Maksimum 82,96%. Sementara itu, pada ulasan
Tokopedia, model SVM memiliki akurasi 84,04%, Naive Bayes 83,58%, dan
Entropi Maksimum 84,73%. Hasil evaluasi menunjukkan model Entropi
Maksimum memiliki performa yang unggul dalam akurasi. Diperoleh tingkat
kepuasan pengguna terhadap UI/UX aplikasi Shopee sebesar 50,17% sentimen
negatif yang menunjukkan ketidakpuasan pengguna terhadap aspek UI/UX
aplikasi. Sementara itu, pada aplikasi Tokopedia didapatkan nilai tingkat kepuasan
pengguna untuk setiap sentimen cenderung seimbang, yang menunjukkan
keberagaman pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.
Perpustakaan Digital ITB