digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri perawatan kulit telah mencetak angka yang menjanjikan bagi bisnis dengan permintaan yang sangat besar yang terus tumbuh di antara orang-orang baik di dalam negeri maupun global. Perawatan kulit, yang dulunya dianggap berpusat pada wanita, kini semakin diadopsi oleh pria yang lebih sadar akan pentingnya kesehatan kulit mereka. Pergeseran ini mencerminkan transformasi yang lebih luas dalam perilaku perawatan diri pria, khususnya di kalangan Gen Z, yang lebih berpikiran terbuka dan peduli dengan kesehatan kulit mereka. Dengan segmen perawatan kulit pria yang diproyeksikan tumbuh secara signifikan, pasar menjadi semakin kompetitif, mendorong kebutuhan bisnis untuk lebih memahami perilaku konsumen pria. Berdasarkan Teori Perilaku Terencana (TPB) dan didukung oleh konstruk faktor pribadi seperti efek penuaan, daya tarik fisik, citra diri dan masalah kesehatan kulit, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian pria terhadap produk perawatan kulit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling dengan metode survei melalui kuesioner kepada 226 peserta pria Gen Z. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM. Studi ini berasumsi bahwa ada tujuh faktor yang berkontribusi untuk memengaruhi niat pembelian pria dalam hal produk perawatan kulit, yaitu efek penuaan, daya tarik fisik, masalah kesehatan kulit, citra diri, sikap terhadap konsumsi, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan. Temuan menunjukkan hubungan positif antara faktor pribadi dan sikap. Ada juga hubungan positif antara sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan dengan niat pembelian. Sementara di sisi lain, norma subjektif tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pembelian. Selain itu, niat pembelian pria sangat dipengaruhi oleh satu faktor langsung yang merupakan kontrol perilaku yang dirasakan. Wawasan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis yang dapat membantu bisnis perawatan kulit pria untuk lebih memahami target pasar mereka dan meningkatkan pendekatan strategis mereka.