Perencanaan jalur tiga dimensi untuk UAV High-Altitude Long-Endurance (HALE)
dipengaruhi oleh keterbatasan kinematik, sehingga diperlukan algoritma perencanaan
jalur yang dapat menghasilkan lintasan yang optimal dan layak. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) menganalisis parameter kunci yang memengaruhi kinerja RRT dan RRT*, (2)
mengevaluasi efektivitas kedua algoritma dalam hal waktu komputasi dan optimasi jalur,
(3) menyelidiki dampak teknik goal-biasing, dan (4) menerapkan batasan sudut agar jalur
memenuhi kriteria kinematik UAV HALE. Simulasi tiga dimensi dilakukan di MATLAB
dengan model titik-massa UAV HALE. Algoritma RRT* dikombinasikan dengan goalbiasing
dan batasan sudut maksimum. Parameter yang divariasikan antara lain radius
tetangga rn, probabilitas tujuan pgoal, sudut lintasan terbang maksimum ?maks, sudut
lintasan lintasan maksimum ?maks, dan representasi bentuk tujuan. Hasilnya adalah (1)
RRT* menghasilkan lintasan yang lebih optimal daripada RRT, meskipun membutuhkan
waktu komputasi yang sedikit lebih lama, (2) goal-biasing dapat mempercepat
konvergensi, dan (3) batasan sudut memastikan kelayakan kinematik setiap segmen
lintasan. Kombinasi RRT* dengan pembiasan tujuan dan batasan sudut menghasilkan
solusi perencanaan lintasan yang optimal, realistis, dan siap diimplementasikan untuk
misi UAV HALE.
Perpustakaan Digital ITB