Kemajuan teknologi digital fly-by-wire memungkinkan konfigurasi Relaxed Static
Stability (RSS) diterapkan pada pesawat tempur modern untuk meningkatkan
kelincahan dan kemampuan manuver. Karakteristik RSS yang secara alami tidak
stabil menuntut sistem kendali yang presisi, adaptif, dan mampu menjamin
kestabilan & flying qualities. Penelitian ini bertujuan merancang sistem
longitudinal control law berbasis Nonlinear Dynamic Inversion (NDI) di seluruh
Operational Flight Envelope (OFE) untuk pesawat hypothetical FXX
berkarakteristik RSS. Sistem ini dirancang untuk memenuhi mission requirement
pada fase terbang Up & Away dengan sasaran utama berupa fast response dan gross
attitude acquisition, serta memenuhi spesifikasi multi-tier berbasis standar militer.
Arsitektur control law NDI yang dirancang meliputi desired dynamics dan inverse
dynamics berbasis On-Board Model (OBM). Struktur control law diintegrasikan
dengan model bare-aircraft dan subsistem lain untuk membentuk sistem tertutup.
Contol gain diperoleh melalui optimasi iteratif di 92 titik mewakili seluruh OFE
dengan meminimalkaan objective cost function dari kombinasi error nilai aktual ke
design goal dan mismatch antara model High Order System (HOS) dengan model
Low Order Equivalent System (LOES). Analisis linear menunjukkan bahwa control
law berbasis NDI mampu memenuhi sebagian besar spesifikasi multi-tier,
khususnya spesifikasi tier-1 seperti short period damping/CAP dan frekuensi yang
mencapai Level 1 flying qualities pada 100% titik desain. Spesifikasi tier-2 seperti
equivalent time delay dan Gibson dropback juga menunjukkan tingkat pemenuhan
tinggi, dengan ?98.9% titik desain memenuhi. Sementara itu, spesifikasi utama
lainnya seperti stability margin dan phugoid damping menunjukkan hasil yang
bervariasi, bergantung pada ketinggian dan kecepatan terbang. Evaluasi nonlinear
dengan simulasi 6-DOF menunjukkan bahwa pada kasus-kasus uji representatif,
sistem tetap mampu melakukan gross acquisition terhadap input pilot (normal
acceleration atau g-command) dengan nilai NRMSE di bawah 0.36 dengan efek
cross-axis coupling yang minimal.
Perpustakaan Digital ITB