Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-COVER.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB1.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB2.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB3.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB4a.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB4b.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB4c.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB4d.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB5a.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB5b.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB5d.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB5e.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6a.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6b.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6c.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6d.pdf
Pages from Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6f.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB6G.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-BAB7.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA2.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA3.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA4.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA5.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA6.pdf
Pages from 2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA7.pdf
2006 TS PP SYAIFUL 1-PUSTAKA8.pdf
Abstrak:
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keinginan pegawai untuk melakukan sharing pengetahuan di sebuah perusahaan yang sedang melakukan upaya inisiatif manajemen pengetahuan. Selama ini, di Indonesia khususnya, inisiatif manajemen pengetahuan kurang memperhatikan aspek di luar teknologi, seperti kepemimpinan, kultur atau iklim organisasi dalam mendorong individu untuk melakukan sharing pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penting yang mempengaruhi keinginan orang untuk melakukan sharing pengetahuan dan menganalisis pengaruh masing-masing faktor tersebut dalam mempengaruhi keinginan orang untuk melakukan sharing pengetahuan. Dalam penelitian ini, model penelitian dikembangkan berdasarkan konteks perilaku sharing pengetahuan dalam formasi model TRA yang terdiri dari dimensi-dimensi Transformational Leadership, Organizational Climate, Team-Based Reward, Sense of Urgency, Subjective Norm, Attitude toward Knowledge Sharing dan dimensi Intention to Share Knowledge. Model tersebut kemudian diuji pada sebuah BUMN di Bandung dengan menggunakan sampel sebanyak 4520 dari total 8296 responden yang terdini dari pegawai dengan posisi band 3 sampai dengan 6. Metode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modeling dengan menggunakan perangkat lunak LISREL 8.54. Hasil pengujian menunjukkan bahwa attitude toward knowledge sharing dan dimensi subjective norm berpengaruh positif terhadap intention to share knowledge. Hasil pengujian .tersebut juga membuktikan bahwa subjective norm selain berpengaruh secara langsung juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap intention to share knowledge melalui attitude toward knowledge sharing. Dimensi organizational climate juga berpengaruh tidak langsung terhadap intention to share knowledge melalui subjective norm, dan transformational leadership berpengaruh pada organizational climate. Meskipun demikian, hasil pengujian tersebut juga menunjukkan bahwa sense of urgency tidak memiliki pengaruh positif terhadap intention to share knowledge sekalipun dimensi tersebut dipengaruhi secara positif oleh transformational leadership.