digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kavitasi adalah fenomena transisi dari fase cair ke fase gas karena adanya penurunan tekanan. Fenomena ini diikuti implosi gelembung-gelembung. Fenomena ini dapat merusak mesin-mesin fluida dan mengurangi performa hydrofoil pada high-speed sailing boat. Pada hydrofoil, untuk mengurangi kavitasi, beberapa upaya dapat dilakukan, mulai dari memanfaatkan efek termodinamika sampai mengubah bentuk hydrofoil. Pada riset sebelumnya, bentuk hydrofoil diyakini memiliki peran yang signifikan dalam aspek kavitasi dan hidrodinamis hydrofoil. Dari bentuk awal, suatu proses optimasi dapat dilakukan untuk mencari suatu bentuk dengan performa yang lebih baik. Dalam studi ini, optimasi bentuk pada NACA0015 akan dilakukan untuk mengurangi efek kavitasi sekaligus memastikan kapabilitas performanya. Studi ini dilakukan secara numerik dengan ANSYS Workbench dan ANSYS Fluent dengan tujuan utama meningkatkan rasio lift-to-drag dan tekanan statis terendah untuk mencegah kavitasi. Untuk parameterisasi, sepuluh buah titik kontrol diposisikan sepanjang kavitasi guna mengontrol mesh morphing. Setelah optimasi, tiga buah kandidat dipilih dan dibandingkan dengan NACA0015 pada sudut serang yang sama. Salah satu model dengan nilai tekanan statis minimum tertinggi menunjukkan pencegahan kavitasi yang baik. Selain itu, suatu perbandingan hidrodinamika dilakukan di antara tiap model.