

BAB 1 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Al Sultan Kemal Arsadian
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Urban Air Mobility (UAM) muncul sebagai pendekatan transformasional dalam mengatasi
kemacetan lalu lintas yang parah di kawasan perkotaan padat penduduk, khususnya di kota
seperti Jakarta, Indonesia. Studi ini mengeksplorasi kelayakan operasional UAM penumpang
di Indonesia dengan menggunakan kerangka Model-Based Systems Engineering (MBSE).
Melalui pemanfaatan Systems Modeling Language (SysML) dan mengikuti pedoman dari NASA
Systems Engineering Handbook, studi ini secara sistematis menganalisis kebutuhan pemangku
kepentingan, persyaratan misi, dan spesifikasi sistem. Dengan bantuan perangkat lunak
Enterprise Architect dari Sparx Systems, model operasional yang terstruktur dan dapat
ditelusuri dikembangkan untuk memetakan interaksi serta kendala dalam sistem UAM di
lingkungan perkotaan.
Studi kasus yang berfokus pada Wilayah Metropolitan Jakarta memberikan wawasan penting
terkait integrasi UAM ke dalam jaringan transportasi yang sudah ada. Temuan menunjukkan
faktor-faktor krusial seperti keselarasan regulasi, kesiapan infrastruktur, dan keberlanjutan
operasional yang memengaruhi potensi adopsi UAM di Indonesia. Studi ini menyajikan
metodologi dasar untuk menilai sistem UAM dan memberikan rekomendasi praktis bagi
pembuat kebijakan, perencana kota, serta pemangku kepentingan industri yang ingin
mengembangkan solusi transportasi udara perkotaan yang efisien dan berkelanjutan di kotakota
Indonesia.