digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsep kafe memegang peranan penting dalam membangun dan menjalankan suatu bisnis. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di POME Coffee House. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di POME Coffee House. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode kuantitatif digunakan untuk memvalidasi variabel-variabel dari penelitian sebelumnya dan menjawab pertanyaan penelitian. Data dikumpulkan melalui serangkaian kuesioner yang dijawab oleh 213 responden yang merupakan pelanggan POME Coffee House. Uji kualitas data, uji asumsi, dan uji hipotesis digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Tiga hipotesis diuji, dan tiga hipotesis berhasil diterima. Kualitas Makanan dan Minuman berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan ketika pelanggan mencoba mencicipi makanan dan minuman di POME Coffee House. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan ketika staf berusaha melayani pelanggan POME Coffee House dengan sopan dan ramah. Suasana Kafe berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan ketika pelanggan berusaha merasakan suasana yang baik di POME Coffee House. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel memiliki hubungan dengan kepuasan pelanggan.