digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi

Kegagalan pada motor listrik dapat menyebabkan dampak yang sangat merugikan. Kegagalan ini diperburuk dengan adanya kapasitasni parasit pada motor. Kapasitansi parasit terjadi karena adanya kopling kapasitif antar logam yang menjadi jalur listrik saat frekuensi tinggi. Penerapan catu daya inverter PWM memungkinkan untuk dilakukanya perubahan frekuensi peralihan pada keluaran inverter sehingga pada penelitian ini digunakan untuk melihat pengaruh frekuensi terhadap kapasitansi parasit. Penentuan kapasitansi parasit yang digunakan pada tesis ini dilakukan secara eksperimental dengan prosedur eksperiment yang terdiri dari : a). mengatur konfigurasi antara inverter PWM ke motor uji b) melakukan pengukuran tegangan dan arus: : tegangan mode umum dan tegangan poros, arus bocor dan arus poros c) menghitung nilai kapasitansi parasit antara stator- rangka, stator - rotor, dan rotor-rangka motor dengan menggunakan persamaan karakteristik kapasitansi. Dari penelitian ini diketahui Frekuensi peralihan dan kecepatan motor dapat mempengaruhi besaran dari kapasitansi parasit diantara frekuensi peralihan 4 kHz-14 kHz diperoleh hasil bahwa kapasitansi parasit tertinggi terdapat pada hubungan stator-rangka dengan nilai frekuensi peralihan rata-rata tertinggi terdapat pada 4kHz dengan nilai rata-rata kapasitansi 349,88 pF temuan ini sejalan dengan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya dari penelitian ini agar dapat dijadikannya acuan dalam upaya mengurangi kegagalan motor induksi yang dapat terjadi terlebih dalam kegagalan Listrik. Salah satu penelitian lanjutan yang dapat diterapkan seperti menemukan laminasi yang baik yang terdapat pada stator-frame. Hal ini dilakukan agar suatu saat didapatkan suatu laminasi yang tepat agar dapat mengurangi nilai kapasitansi hubungan stator-frame. Hal ini dilakukan karena sesuai hasil dari penelitian ini didapatkan nilai kapasitansi parasit pada hubungan stator-frame memiliki nilai yang tertinggi.