digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi

Dengan tingginya penggunaan bahan bakar fosil pada saat ini, menyebabkan dampak buruk terhadap lingkungan yang membuat banyak pihak mulai mengaplikasikan energi terbarukan pada berbagai sektor. Indonesia sebagai salah satu negara maritim dengan garis pantai terpanjang di dunia memiliki potensi bahari yang sangat melimpah. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak nelayan di negeri ini yang masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi untuk aktifitas melaut. Pada makalah ini, diusulkan sebuah kapal nelayan berukuran 5 GT bebas polusi berbasis mesin listrik yang lebih ramah lingkungan. Untuk mesin propulsi kapal, dipilih motor induksi sebagai pernggerak utamanya. Pemilihan motor induksi sebagai mesin utama berlandaskan pertimbangan keandalan, biaya dan ketahanan motor jenis ini. Untuk pengendalian motor, digunakan kendali V/f konstan dengan menggunakan kompensator proportional integrator (PI). Penggunaan kendali V/f konstan dengan PI ini sendiri dilandaskan pada kemudahan implementasi dan teknik untuk mengendaliannya. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa untuk kapal nelayan 5 GT diperlukan motor listrik dengan daya sebesar 50 HP sebagai penggerak utama. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh kapal listrik ini adalah 11 knot. Hasil respon kecepatan pada motor induksi didapatkan adanya overshoot pada saat akselerasi sebesar 5 % dan 4% pada saat deselerasi. Sedangkan pada kondisi kecepatan konstan, sistem kendali motor yang diusulkan masih mampu menjaga kecepatan kapal pada saat terjadi perubahan beban dengan baik.