PERANCANGAN APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS MACHINE LEARNING UNTUK PENILAIAN OMBUDSMAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA
Penulis | : | Alberth Roy Kota [20921005] |
Kontributor / Dosen Pembimbing | : |
|
Jenis Koleksi | : | Tesis |
Tahun Terbit | : | 2025 |
Penerbit | : | Sains Komputasi |
Fakultas | : | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjek | : | |
Kata Kunci | : | Unsupervised Learning, Agglomerative Hierarchical clustering, KMeans Clustering, DBSCAN Clustering, Ombudsman, Kinerja Pelayanan Publik, Python, Streamlit. |
Sumber | : | |
Staf Input/Edit | : | Yati Rochayati |
File | : | 1 file |
Tanggal Input | : | 08 Jan 2025 |
Penelitian ini merancang sebuah aplikasi interaktif berupa website berbasis
machine learning untuk pengolahan data Ombudsman yang bertujuan untuk
mengidentifikasi kelompok-kelompok wilayah berdasarkan hasil penyelenggaraan
pelayanan publik. Analisis klaster yang merupakan bagian dari metode
unsupervised learning akan diterapkan untuk mendapatkan kelompok/klaster yang
menjelaskan perbedaan kualitas dan kinerja pelayanan oleh setiap pemerintah
provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. Data yang digunakan adalah data
jumlah akses masyarakat pada Ombudsman Republik Indonesia. Datasetnya
menggunakan sampel jumlah akses masyarakat pada Ombudsman di Jawa Barat
dari tahun 2018 – 2022, terdapat 3164 data yang terdiri dari 28 daerah dan 3 fitur.
3 fitur dataset tersebut adalah data yang terbukti maladministrasi, tidak terbukti
maladministrasi, dan konsultasi. Dataset kemudian dikelompokkan dengan 3
metode clustering, yaitu agglomerative hierarchical, k-means, dan DBSCAN
dengan metode linkage (single, average, dan complete). Hasil penelitian
menunjukkan pengelompokkan terbaik diperoleh dari penerapan kombinasi
algoritma pengelompokkan agglomeratif dan metode complete linkage untuk setiap
ukuran jarak, dengan nilai metrik evaluasi silhouette sebesar 0.6633 untuk 3
klaster/kelompok wilayah. Seluruh proses dan hasil pengelompokkan diolah pada
aplikasi interaktif berupa website yang dirancang dengan bahasa pemrogramam
python dan framework streamlit dan dapat diakses pada laman: https://oriai.streamlit.app.