2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-COVER.pdf
2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-BAB 1.pdf
2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-BAB 2.pdf
2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-BAB 3.pdf
2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-BAB 4.pdf
2008 TS PP MOHAMAD WIRZAL TAUFIQ 1-PUSTAKA.pdf
Perkembangan bisnis di Indonesia mengalami banyak perubahan setelah krisis ekonomi 1997. Banyak sekali bisnis yang mengalami kegagalan dan kebangkrutan. Namun, saat ini bisnis mulai banyak bermunculan dengan semangat kewirausahaan. Mendirikan bisnis baru memiliki banyak tantangan terutama untuk berkembang dan bertahan (sustainable) sehingga dapat mewujudkan visi.
Perusahaan perlu dapat menerapkan strategi yang tepat untuk mewujudkan visinya. Strategi menunjukkan bagaimana cara perusahaan menciptakan nilai yang sustainable untuk para shareholders. Dengan menggunakan strategy map yang merupakan representasi visual dari hubungan sebab-akibat antara komponen-komponen dalam strategi perusahaan dapat mencapai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang atau sustainability. Komponen-komponen ini terdiri atas perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang berasal dari Balance Scorecard.
Tugas akhir ini fokus kepada implementasi strategy map pada PT XYZ. Perusahaan training ini bergerak pada bidang pengembangan kualitas SDM. Sebagai perusahaan baru yang mengembangkan bisnisnya, PT XYZ perlu menerapkan strategi yang sesuai dan terintegrasi dengan komponen-komponen organisasi.
Implementasi strategy map pada PT XYZ diharapkan dapat menjadi panduan untuk mewujudkan visi dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Namun strategy map ini perlu memiliki target dan pengukuran agar menjadi lebih dinamis. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan strategi sehingga perbaikan berkelanjutan yang terstruktur dapat berjalan dengan baik.