digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Samuel Christopel Silaban
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kawasan Kariangau, Kalimantan Timur merupakan salah satu kawasan industri maritim dan eksplorasi sumber daya alam khususnya produksi minyak bumi. Untuk menunjang kegiatan operasional produksi minyak bumi, dibutuhkan dermaga offshore operation yang berfungsi sebagai tempat bongkar muat kapal offshore construction vessel yang berfungsi mengangkut peralatan dan persediaan kebutuhan kilang minyak lepas pantai. Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan perancangan struktur dermaga offshore operation di Kariangau, Provinsi Kalimantan Timur. Struktur dermaga dirancang berdasarkan kriteria desain yang berlaku. Perancangan pada Tugas Akhir mencakup penentuan layout dermaga, dimensi struktur dan elemen struktural dermaga dan trestle, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan analisis daya dukung tanah. Untuk mengetahui keandalan desain struktur terhadap beban yang bekerja, digunakan perangkat lunak SAP2000 dalam pemodelan struktur. Pemodelan dilakukan hingga didapatkan desain struktur yang optimum yaitu dengan UCR (unity check ratio) yang berada pada rentang 0.7 hingga 1.0 dan kondisi defleksi yang memenuhi izin. Adapun nilai UCR optimum yang didapatkan untuk dermaga adalah sebesar 0.87, sementara untuk trestle adalah sebesar 0.90 dengan defleksi yang memenuhi pada keduanya. Gaya dalam elemen struktural dari keluaran SAP2000 digunakan untuk merancang penulangan eemen struktural. Lalu analisis daya dukung tanah untuk mendapatkan kedalaman serta tinggi tiang pancang yang dibutuhkan berdasarkan reaksi struktur dan data geoteknik. Dermaga offshore operation yang dirancang dapat melayani kapal EPC (engineering, procurement, and costruction) dengan kapal terbesar 8900 DWT. Dermaga memiliki panjang 165 m dan lebar 30 m. dengan kedalaman dermaga -8 m dari LWS serta elevasi lantai dermaga +4 m dari LWS. Trestle yang dirancang sebagai penghubung dermaga dengan daratan memiliki panjang 160 m dan lebar 10 m dengan elevasi lantai yang sama dengan dermaga yaitu +4 m dari LWS. Untuk mengakomodasi kapal yang berlabuh pada dermaga, terdapat fender SCN 1400 E1.4 serta tee bollard dengan kapasitas 50 ton.