Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi Pendekatan Kualitatif Strategi menggunakan SWOT, TOWS, dan Model Diamond untuk mengembangkan strategi memenangkan tender di PT Asia Civil Indonesia. Penelitian ini menelaah perspektif karyawan, manajer lini, dan eksekutif tentang peningkatan inovasi dan kontribusi pada manajemen biaya dalam proses tender. Studi kasus dilakukan dengan melibatkan dua pendekatan: menganalisis perusahaan yang merupakan klien PT Asia Civil Indonesia dan yang merupakan pesaing, masing-masing menerapkan strategi bisnis yang berbeda.
Materi empiris mencakup wawancara dengan karyawan, manajer lini, dan direktur PT Asia Civil Indonesia, serta Presiden Direktur dari perusahaan klien dan Direktur perusahaan pesaing. Analisis berfokus pada bagaimana praktik strategi bisnis memelihara dan membatasi kreativitas dan inovasi, terutama dalam strategi penetapan harga untuk tender. Studi ini juga meneliti peran ganda strategi model bisnis dalam menstabilkan dan mendestabilkan perusahaan dalam konteks manajemen proyek konstruksi. Meskipun strategi bisnis berbeda, kasus-kasus tersebut mengungkapkan beberapa peluang bagi PT Asia Civil Indonesia untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam perhitungan harga, sehingga meningkatkan tingkat keberhasilan tender mereka.