Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi aplikasi smartphone, e-groceries telah
berkembang sebagai model bisnis yang menghubungkan konsumen dengan produk melalui
internet. Meskipun e-groceries menawarkan kemudahan dalam berbelanja, banyak pengguna
masih menghadapi tantangan signifikan dalam menavigasi antarmuka aplikasi, yang mengurangi
kenyamanan dan efisiensi pengalaman berbelanja mereka. Masalah ini dapat diatasi melalui
penerapan mikrointeraksi, yang dirancang untuk memberikan umpan balik yang jelas dan
responsif serta panduan interaktif guna mempermudah penggunaan aplikasi.
Mikrointeraksi, yang mencakup elemen seperti Triggers, Rules, Feedback, dan Loops and
Modes, diterapkan pada berbagai fitur desain interaksi untuk meningkatkan pengalaman
pengguna secara keseluruhan. Penerapan desain mikrointeraksi ini mengikuti prinsip
User-Centered Design (UCD), metode User-Centered Design (UCD) berfokus pada kebutuhan
pengguna dengan melalui tahapan perencanaan, spesifikasi kebutuhan, serta pembuatan desain
low-fidelity prototype dan high fidelity prototype. Desain diuji secara iteratif dengan pengguna
untuk mendapatkan umpan balik dan melakukan perbaikan hingga tercapai desain mikrointeraksi
final, meningkatkan usability dan kepuasan pengguna. Penelitian menunjukkan bahwa
mikrointeraksi yang dirancang dengan baik secara signifikan meningkatkan usability aplikasi
e-groceries, dengan nilai capaian pengukuran usability goals dan user experience goals yang
mengarah ke lebih baik.
Temuan dari iterasi kedua, yang menunjukkan, akan menjadi dasar untuk pengembangan lebih
lanjut, memastikan aplikasi e-groceries menjadi semakin optimal dan bermanfaat bagi pengguna.
Hasil analisis pengembangan memastikan bahwa mikrointeraksi tidak hanya memenuhi
kebutuhan pengguna tetapi juga dapat diimplementasikan secara efektif. Dengan demikian,
implementasi mikrointeraksi menyelesaikan permasalahan usability pengguna dalam aplikasi.