digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi aplikasi smartphone, e-groceries telah berkembang sebagai model bisnis yang menghubungkan konsumen dengan produk melalui internet. Meskipun e-groceries menawarkan kemudahan dalam berbelanja, banyak pengguna masih menghadapi tantangan signifikan dalam menavigasi antarmuka aplikasi, yang mengurangi kenyamanan dan efisiensi pengalaman berbelanja mereka. Masalah ini dapat diatasi melalui penerapan mikrointeraksi, yang dirancang untuk memberikan umpan balik yang jelas dan responsif serta panduan interaktif guna mempermudah penggunaan aplikasi. Mikrointeraksi, yang mencakup elemen seperti Triggers, Rules, Feedback, dan Loops and Modes, diterapkan pada berbagai fitur desain interaksi untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penerapan desain mikrointeraksi ini mengikuti prinsip User-Centered Design (UCD), metode User-Centered Design (UCD) berfokus pada kebutuhan pengguna dengan melalui tahapan perencanaan, spesifikasi kebutuhan, serta pembuatan desain low-fidelity prototype dan high fidelity prototype. Desain diuji secara iteratif dengan pengguna untuk mendapatkan umpan balik dan melakukan perbaikan hingga tercapai desain mikrointeraksi final, meningkatkan usability dan kepuasan pengguna. Penelitian menunjukkan bahwa mikrointeraksi yang dirancang dengan baik secara signifikan meningkatkan usability aplikasi e-groceries, dengan nilai capaian pengukuran usability goals dan user experience goals yang mengarah ke lebih baik. Temuan dari iterasi kedua, yang menunjukkan, akan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut, memastikan aplikasi e-groceries menjadi semakin optimal dan bermanfaat bagi pengguna. Hasil analisis pengembangan memastikan bahwa mikrointeraksi tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna tetapi juga dapat diimplementasikan secara efektif. Dengan demikian, implementasi mikrointeraksi menyelesaikan permasalahan usability pengguna dalam aplikasi.