Abstrak - Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Nathaniel Kristianto Sihotang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Peningkatan jumlah produksi kendaraan memicu inovasi perancangan desain kendaraan untuk produksi kendaraan kecil yang hemat bahan bakar dan harga produk yang terjangkau, salah satunya adalah kendaraan listrik roda tiga (e-trike). Oleh karena itu, NCSTT melakukan pengembangan terkait e-trike kabin terbuka hingga mencapai tahap purwarupa. Agar kendaraan listrik tersebut dapat diproduksi, kendaraan perlu melalui pengujian Uji Tipe kendaraan bermotor oleh BPLJSKB. Maka, penelitian ini berfokus untuk menyusun pengujian internal yang sesuai dengan pedoman Uji Tipe kendaraan listrik kategori sepeda motor (L) supaya purwarupa e-trike kabin terbuka mampu melalui pengujian Uji Tipe serta memberikan usulan perbaikan untuk kendaraan purwarupa.
Penelitian dilakukan dengan menyusun lembar kendali pengujian internal berdasarkan
peraturan pemerintah, peraturan menteri perhubungan, dan surat edaran direktorat jenderal perhubungan darat. Lalu, dilanjutkan dengan penyusunan instruksi pengujian internal sesuai rancangan anggaran biaya pengujian internal yang telah dibuat. Sebelum melaksanakan pengujian internal, purwarupa dilakukan perbaikan sementara karena kondisinya saat penelitian belum bisa beroperasi sesuai peruntukkannya. Setelah itu, dilakukan pengujian internal di bengkel yang terletak di Sapan, Bandung. Hasil pengukuran dan observasi selama pengujian internal lalu diolah menjadi data akhir sehingga lembar kendali pengujian dapat diisi. Hasil pengujian internal menunjukkan bahwa kendaraan e-trike masih belum memenuhi standar Uji Tipe e-trike sehingga perlu dilakukan perbaikan pada konstruksi nomor rangka, lampu utama, rem utama, dan keselamatan kelistrikan terkait perlindungan kontak langsung.