digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC Dewi Supryati

Penelitian ini membahas mengenai masalah rute kendaraan dengan karakteristik kendaraan heterogen, multi produk, multi kompartemen, rute majemuk, pengirimanterbagi, dan jendela waktu majemuk (MRK-HMPMKRMPTJWM). Penelitian ini mengembangkan model matematis dan algoritma penyelesaian untuk kasus MRK yang telah dilakukan oleh Marcellina (2019) dengan mengembangkan karakteristik kendaraan menjadi heterogen. Adapun model yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan sistem nyata dari kasus pendistribusian BBM oleh PT. Pertamina pada kawasan NTT dan Timor Leste. Model matematik yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming (MILP) yang memiliki kriteria performansi meminimumkan total biaya operasional kendaraan dalam memenuhi seluruh permintaan pelanggan selama horison perencanaan. Solusi model diselesaikan dengan bantuan LINGO 18. Selain itu, algoritma hybrid discrete particle swarm optimization (hDPSO) juga dikembangkan untuk mengatasi permasalahan waktu komputasi pada metode matematik. Hasil yang diperoleh yaitu model matematik yang dikembangkan dapat memecahkan permasalahan MRK-HMPMKRMPTJWM dan algoritma hDPSO yang dikembangkan dapat menghasilkan solusi layak untuk data 5-8 pelanggan dengan besar deviasi antara solusi MILP dan hDPSO yaitu 1,85%. Model yang dikembangkan juga dapat digunakan pada MRK dengan karakteristik kendaraan homogen, jenis produk dan kompartemen tunggal, dan jendela waktu tunggal.