Penelitian ini membahas mengenai masalah rute kendaraan dengan karakteristik
kendaraan heterogen, multi produk, multi kompartemen, rute majemuk,
pengirimanterbagi, dan jendela waktu majemuk (MRK-HMPMKRMPTJWM).
Penelitian ini mengembangkan model matematis dan algoritma penyelesaian
untuk kasus MRK yang telah dilakukan oleh Marcellina (2019) dengan
mengembangkan karakteristik kendaraan menjadi heterogen. Adapun model yang
dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan sistem nyata dari kasus
pendistribusian BBM oleh PT. Pertamina pada kawasan NTT dan Timor Leste.
Model matematik yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming
(MILP) yang memiliki kriteria performansi meminimumkan total biaya
operasional kendaraan dalam memenuhi seluruh permintaan pelanggan selama
horison perencanaan. Solusi model diselesaikan dengan bantuan LINGO 18.
Selain itu, algoritma hybrid discrete particle swarm optimization (hDPSO) juga
dikembangkan untuk mengatasi permasalahan waktu komputasi pada metode
matematik.
Hasil yang diperoleh yaitu model matematik yang dikembangkan dapat
memecahkan permasalahan MRK-HMPMKRMPTJWM dan algoritma hDPSO
yang dikembangkan dapat menghasilkan solusi layak untuk data 5-8 pelanggan
dengan besar deviasi antara solusi MILP dan hDPSO yaitu 1,85%. Model yang
dikembangkan juga dapat digunakan pada MRK dengan karakteristik kendaraan
homogen, jenis produk dan kompartemen tunggal, dan jendela waktu tunggal.