COVER Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 1 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 2 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 3 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 4 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 5 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik BAB 6 Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik PUSTAKA Chintia Dwi Wangsa Kuswardani
PUBLIC rikrik
Penelitian ini membahas mengenai masalah rute kendaraan dengan karakteristik
kendaraan heterogen, rute majemuk, jendela waktu tunggal, dan penjemputanpengantaran
simultan atau disingkat MRK-HRMJWPPS. Pengembangan dilakukan
berdasarkan penelitian Aprilliany (2020) dengan penambahan karakteristik
kendaraan heterogen dan penyesuaian model matematika untuk rute majemuknya.
Hingga penelitian ini dilakukan, belum ada penelitian yang menggabungkan
karakteristik kendaraan heterogen, rute majemuk, dan penjemputan-pengantaran
simultan dalam suatu model matematik yang utuh. Penggabungan model tersebut
dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan sistem distribusi galon air minum isi
ulang oleh PT. X di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan model matematik MRK-HRMJWPPS dan mengembangkan
algoritma penyelesaian masalah menggunakan metode metaheuristik.
Model matematik yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming
(MILP) yang memiliki kriteria performansi meminimumkan total biaya transportasi
yang terdiri atas biaya variabel dan biaya tetap kendaraan. Algoritma Variable
Neighborhood Descent (VND) dikembangkan untuk mengatasi lamanya waktu
komputasi yang digunakan pada metode MILP. Algoritma Sequential Insertion (SI)
digunakan untuk menentukan solusi awal VND. Hasil yang diperoleh yaitu model
matematik yang dikembangkan dapat memecahkan permasalahan MRKHRMJWPPS
dan algoritma VND yang dikembangkan dapat menghasilkan solusi
layak untuk data 5-7 pelanggan dengan besar kesenjangan antara solusi MILP dan
VND yaitu 23,78% dan waktu komputasi kurang dari 3 detik. Algoritma dapat
digunakan untuk menyelesaikan persoalan 20, 50, dan 100 pelanggan. Model dan
algoritma yang dikembangkan juga dapat digunakan pada MRK-RMJWPPS untuk
kendaraan homogen terbatas, MRK-HRMPPS untuk model tanpa jendela waktu,
dan MRK-HRMJWPPS untuk mixed pick-up and delivery.