digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan industri otomotif menyebabkan tidak hanya peningkatan penggunaan, namun juga risiko terjadi kecelakaan dan cedera yang dialami pengendara. Salah satu upaya dalam mengurangi risiko cedera ketika terjadi kecelakaan adalah penggunaan kolom laik tabrak sebagai perangkat penyerap energi tabrak. Namun kapasitas penyerapan energi kolom laik tabrak ini terbatasi pada batasan desain terutama dari segi dimensi dan total massa yang diperbolehkan, bergantung dari ruang penempatan yang tersedia pada kompartemen kendaraan bermotor. Inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi kolom laik tabrak adalah dengan menambahkan strukur lattice sebagai bahan pengisi kolom tersebut. Terlebih lagi saat ini studi struktur lattice sedang berkembang dikarenakan mulai umumnya teknologi additive manufacturing yang memungkinkan memproduksi geometri lattice yang kompleks dengan biaya yang relatif murah dan cepat. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi numerik dan eksperimen atas penggunaan lattice sebagai struktur pengkuat kolom laik tabrak pada pembebanan quasi-static aksial. Struktur lattice yang akan digunakan adalah kombinasi bentuk hexagon dan reentrant, dan diproduksi dengan manufaktur aditif menggunakan pilihan material UV-sensitive photopolymer resin. Selanjutnya akan dilakukan validasi antara simulasi numerik dan model eksperimental dan studi variasi ketebalan lattice.