digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ekonomi Kreatif indonesia telah mengalami pertumbuhan yang substansial, dengan Pariwisata Kreatif salah satu kontributor utamanya. Penelitian ini berfokus pada Kustomfest - Indonesian Kustom Kulture Festival sebagai salah satu pusat kustom kulture terbesar di Indonesia. Selama rentang tahun 2019 sampai 2023 telah terjadi sebuah perubahan yang signifikan terhadap komposisi pengunjung, dengan segmen masyarakat umum sekarang bertumbuh pesat menjadi segmen mayoritas. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi pengunjung segmen masyarakat umum, melakukan klasterisasi berdasarkan motivasi yang dimiliki, dan menganalisis motivasi dan karakteristik yang unik pada tiap-tiap klaster yang telah terbentuk. Penelitian ini akan menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik nonprobability dan purposive sampling.Terdapat tiga klaster yang berhasil teridentifikasi melalui penelitian ini bedasarkan hasil dari data 260 responden dengan masing masing memiliki perbedaan terhadap motivasi dan karakteristik yang dimiliki. Hasil penelitian ini dapat membantu pelaku festival kustom kulture serupa dalam mengembangkan pariwisata kreatif di Indonesia. Dengan mengetahui motivasi dan perilaku pengunjung. pelaku festival dapat membuat strategi marketing yang lebih spesifik, mengembangkan pengalaman pengunjung, melakukan kapitalisasi terhadap peluang peluang yang ada pada segmen masyarakat umum. Riset ini memberikan rekomendasi untuk mengakuisisi dan melakukan retensi setiap segmen melalui inovasi dalam model bisnis, sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia yang berkelanjutan. Penemuan dalam riset ini menggarisbawahi pentingnya memahami motivasi dan perilaku pengunjung untuk mengoptimalkan signifikansi acara budaya terhadap ii ekonomi kreatif yang lebih luas. Melalui temuan riset ini, pemangku kepentingan dapat mendorong perkembangan sektor kreatif Indonesia agar festival seperti Kustomfest dapat terus berkembang.