digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Total throughput barang yang dibongkar dan dimuat di Pelabuhan Tanjung Priok mengalami peningkatan dalam kuartal terakhir tahun 2023. Dengan begitu, kualitas pelayanan dari jasa logistik perlu ditingkatkan, salah satunya adalah Depo Peti Kemas PT X yang berada di dekat Pelabuhan Tanjung Priok yaitu di area PT Kawasan Berikat Cakung. Depo Peti Kemas PT X merupakan salah satu depo peti kemas yang melayani jasa lift-on dan lift-off peti kemas kosong yakni pengambilan dan penyimpanan peti kemas kosong. Depo Peti Kemas PT X mengalami peningkatan jumlah throughput pada aktivitas lift-on dan lift-off. Akan tetapi, depo peti kemas tersebut mengalami penurunan kualitas pelayanan yang ditandai dengan meningkatkan truck round time yakni waktu putar truk yang melebihi standar yang telah ditetapkan. Dengan begitu, penelitian ini ditujukan untuk mengatasi lamanya truck round time tersebut dengan meminimasi rata-rata waktu tunggu truk. Penelitian ini dimulai dengan membangun model simulasi kejadian diskrit untuk kebijakan pelayanan lift-on dan lift-off oleh side loader pada kondisi eksisting, yaitu first-come first- served, serta beberapa kebijakan usulan seperti nearest job first dan dispatching dengan jendela perencanaan berbasis jumlah truk sebanyak 3 dan 6 truk serta interval waktu kedatangan truk tetap selama 15 menit. Kebijakan nearest job first menggunakan algoritma greedy pada graf lengkap untuk menentukan urutan pelayanan berdasarkan posisi truk terdekat. Kebijakan dispatching menggunakan algoritma dispatching untuk meminimalkan total waktu tunggu truk dalam jendela perencanaan. Kebijakan tersebut memerlukan data informasi kedatangan truk secara real-time. Uji ANOVA dan Tukey dilakukan untuk menentukan kebijakan dengan rata-rata waktu tunggu truk terendah. Kebijakan yang dipilih adalah kebijakan dispatching dengan jendela perencanaan berbasis waktu tetap selama 15 menit. Implementasi kebijakan ini berhasil mengurangi rata-rata waktu tunggu truk sebesar 38,18%, setara dengan penghematan waktu tunggu selama 36,97 detik dan mengurangi total travelling time side loader sebesar 6,247%. Hasil penelitian ini dilengkapi dengan saran untuk memasang ATIS (Advanced Traffic Information System) dalam mendapatkan data informasi kedatangan truk secara real time untuk mengimplementasikan kebijakan dispatching.