Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan akan internet. Internet
merupakan suatu kebutuhan yang dapat menjadi kebutuhan primer saat ini. Dengan kemajuan
internet saat ini, pemasaran digital menjadi salah satu aspek yang sangat terpengaruh.
Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia memberikan peluang bagi berkembangnya
pemasaran digital. Telah terjadi perubahan signifikan dalam strategi pemasaran baik barang
maupun jasa.
Dengan banyaknya pemain Internet Service Provider saat ini, IndiHome yang merupakan
produk layanan dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, perlu menunjukkan
kekuatan positioningnya. Salah satu kelebihan IndiHome adalah satu-satunya yang memiliki
Layanan Triple Play yang terdiri dari Internet, TV Interaktif, dan Telepon. Awalnya IndiHome
hanya menggunakan jalur konvensional dalam menjual produknya yaitu penawaran langsung
oleh Sales Agent kepada pelanggan, namun sejak Agustus 2022 Witel Jakarta Pusat
menerapkan langganan IndiHome melalui jalur digital yang dapat dilakukan melalui Website,
Landing Page maupun Media Sosial ( FB, IG, Twitter). Bahkan, calon pelanggan merasa asing
dengan cara berlangganan IndiHome melalui saluran baru ini. Fenomena tersebut
menyebabkan penurunan hasil penjualan IndiHome pada September 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal penyebab menurunnya
penjualan IndiHome di Witel Jakarta Pusat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi literatur, observasi dan angket dengan jumlah responden sebanyak 140 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel internal dan eksternal yang mempengaruhi
penurunan penjualan IndiHome selain karena harga IndiHome yang lebih mahal dibandingkan
penyedia internet lainnya, pelanggan kesulitan untuk berlangganan IndiHome melalui saluran
digital sehingga tetap memilih penjualan. agen sebagai cara yang lebih nyaman. Pelanggan
juga kesulitan mendapatkan update terkait tahapan berlangganan. Selain itu, pelanggan juga
mengkhawatirkan keamanan data pribadi yang mereka unggah ke sistem saat melakukan
langganan. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah dengan menerapkan Komunikasi
Pemasaran