2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Abstract
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - List of Contents
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - References
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Alvitto Didha Ednanda Putra [19021223] - Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Penelitian ini menganalisis operasi gudang pemenuhan e-commerce PT XYZ dengan menggunakan metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) karena adanya ketidaksesuaian antara jumlah pesanan yang ditargetkan dan jumlah aktual pesanan yang diproses per shift, dari 250 target pesanan hanya terpenuhinya rata-rata 184,64 pesanan. Tujuan utama penelitian adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas tenaga kerja. Analisis menunjukkan adanya inefisiensi yang signifikan dan variabilitas yang tinggi dalam waktu pemrosesan pesanan, menyebabkan keterlambatan dan kesalahan. Berbagai akar penyebab diidentifikasi, termasuk masalah sinkronisasi Sistem Manajemen Gudang, pengerjaan ulang secara manual, minimnya standar, dan aktivitas yang tidak bernilai tambah.
Solusi perbaikan seperti penerapan sistem Pick-to-Light (PTL), peningkatan WMS, pengambilan barang terstandardisasi, dan skema insentif diusulkan. Perbaikan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan, mengoptimalkan alur kerja, dan meningkatkan produktivitas karyawan. Rencana pelatihan yang komprehensif, dokumentasi, dan alat pemantauan dibuat untuk memastikan perbaikan yang berkelanjutan. Implementasi perbaikan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan efisiensi pemrosesan pesanan. PT XYZ dapat melihat peningkatan pemrosesan pesanan sebesar 40-50%. Perbaikan ini juga bertujuan untuk membangun lingkungan kerja yang lebih kompetitif dan termotivasi, mengatasi masalah antara karyawan tetap dan pekerja lepas melalui dan skema insentif terarah.