digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT ARRA Busana Muslim merupakan salah satu perusahaan yang berfokus pada industri fashion muslim. PT ARRA menjual berbagai produk busana muslim seperti baju koko, gamis, dan baju muslim sarimbit. Saat ini PT ARRA sedang berada dalam masa transisi dari model bisnis reseller ke model bisnis waralaba atau franchise. Franchise yang ditawarkan PT ARRA menawarkan beberapa layanan tambahan kepada franchisee. Pengembangan jasa baru franchise toko online (FTO) memerlukan pemahaman mendalam tentang jasa yang paling dipentingkan oleh konsumen jasa FTO. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu PT ARRA mengetahui preferensi konsumen terkait jasa FTO dan mengisi kesenjangan informasi karena layanan jasa FTO baru dikembangkan. Preferensi didasari pada penyusun paket jasa franchise toko online. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin dengan teknik choice-based conjoint (CBC) untuk memahami preferensi konsumen terhadap paket jasa FTO. Atribut jasa FTO yang digunakan pada penelitian ini adalah kedetailan laporan, frekuensi pengiriman laporan, layanan customer service, bantuan pengisian katalog, dan optimasi toko. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis judgmental sampling. Pada penelitian ini diperoleh data sebanyak 202 responden melalui kuesioner daring. Analisis CBC dengan hierarchical Bayes digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut dan level yang disukai konsumen berdasarkan nilai part-worth dan importance. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis cluster dengan metode agglomerative hierarchical clustering untuk melakukan segmentasi konsumen. Berdasarkan hasil clustering, diperoleh segmen konsumen FTO yang homogen sehingga perancangan usulan paket jasa FTO dilakukan untuk seluruh segmen konsumen FTO (undifferentiated marketing). Hasil paket jasa yang terpilih adalah laporan detail mingguan dengan layanan customer service prioritas, bantuan pengisian katalog, dan optimasi toko (optimasi judul, foto, dan pemasangan iklan). Harga layanan FTO dicari menggunakan analisis sensitivitas dengan metode Van Westendorp berdasarkan preferensi konsumen. Harga produk optimal (OPP) adalah sebesar Rp1.300.000 dengan jangkauan harga ideal sesuai preferensi konsumen adalah Rp1.300.000-1.550.000.