digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Samuel Erik
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

Sains merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam semesta dan isinya. Pengetahuan sains diperoleh dengan metode penelitian yang sistematis dan terstruktur. Pada abad ke-21, sains dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan yang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi sains sangat relevan bagi siswa di zaman ini. Selain itu hasil penelitian seorang ilmuwan seringkali hanya tersimpan dalam jurnal ilmiah atau disampaikan dalam forum akademis saja. Padahal ide-ide brilian yang dihasilkan perlu disampaikan kepada masyarakat agar dapat diimplementasikan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk “membumikan” ilmu pengetahuan agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Penelitian ini ingin menunjukkan dampak dari komunikasi sains terhadap tingkat pemahaman siswa melalui eksperimen sains yang dipaparkan. Eksperimen sains yang dilakukan di laboratorium dikemas dalam bentuk video, dan selanjutnya disampaikan kepada siswa SMA yang dituju. Eksperimen sains yang akan dikomunikasikan kepada siswa adalah material fosfor BCNO yang mampu mengubah panjang gelombang cahaya yang dipancarkan LED, dari warna biru menjadi putih. Sumber material BCNO menggunakan urea sebagai sumber nitrogen (N), asam borat sebagai sumber boron (B), dan asam sitrat sebagai sumber karbon (C). Proses pembuatan BCNO dengan pemanasan sederhana. Material BCNO ditaburkan di atas LED biru sehingga menghasilkan cahaya LED berwarna putih. Hasil pengukuran tegangan menunjukkan nilai tegangan forward bias pada LED biru adalah 1,85 V, sedangkan pada LED biru yang dilapisi fosfor (berubah menjadi warna putih) adalah 2,27 V. Penelitian selanjutnya adalah mengomunikasikan eksperimen ini kepada siswa yang ditentukan. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media sosial sangat efektif untuk membagikan konten sains kepada siswa SMA.