digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pendidikan memainkan peran krusial dalam kemajuan suatu negara, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi yang menuntut kompetisi internasional. Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, sangat penting dalam konteks ini, namun tingkat kecakapan bahasa Inggris di Indonesia, yang berada di peringkat 81 dari 111 negara dengan skor di bawah rata-rata regional Asia, masih rendah. Teknologi informasi, melalui aplikasi seperti Intelligent Tutoring System (ITS), menawarkan solusi untuk masalah ini dengan menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang terpersonalisasi dan efisien. ITS, yang mengintegrasikan modul siswa, modul tutor, dan modul domain, dapat membantu mengatasi keterbatasan jumlah guru dan akses pendidikan dengan memungkinkan siswa mendapatkan materi dan latihan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Pada tugas akhir ini, dikembangkan modul siswa dari komponen ITS. Modul siswa berinteraksi langsung dengan pelajar yang akan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi yang dibuat harus dapat diakses dengan mudah oleh pelajar sehingga dihadirkan dalam bentuk tampilan desktop dan mobile. Beberapa fitur yang diimplementasikan dalam tugas akhir ini adalah fitur autentikasi, kursus, materi, latihan soal, perkembangan siswa, dan chatbot. Fitur ini menggunakan Large Language Model LLM berupa chatbot yang dapat digunakan sebagai asisten tutor dalam membantu siswa mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi terdiri dari frontend dan backend. Aplikasi frontend menggunakan bahasa pemrograman Typescript dan kakas ReactJS. Aplikasi Backend menggunakan bahasa pemrograman Python dan kakas FastAPI. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi dapat digunakan dengan baik. Evaluasi menggunakan metode usability testing dengan cara wawancara. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, aplikasi ini mendapatkan nilai 6,78 untuk pengujian SEQ dan skor 97.5 untuk pengujian SUS. Hasil tersebut membuktikan aplikasi layak untuk digunakan.