digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kemunculan media sosial telah mengubah lanskap pemasaran secara signifikan, terutama dalam cara merek berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini meneliti hubungan antara kegiatan pemasaran media sosial dan citra merek untuk merek air mineral dalam kemasan, Aqua. Penelitian ini menyelidiki dimensi-dimensi kunci dari aktivitas pemasaran media sosial, seperti hiburan, interaksi, tren, kustomisasi, dan promosi dari mulut ke mulut, serta dampaknya terhadap citra merek. Pengujian hipotesis mengkonfirmasi bahwa aktivitas-aktivitas tersebut secara positif mempengaruhi citra merek, dengan hiburan muncul sebagai faktor yang paling berpengaruh. Hal ini menyoroti peran penting dari konten yang menarik dan menghibur dalam meningkatkan citra merek Aqua, penelitian ini mengidentifikasi bahwa strategi media sosial Aqua dapat ditingkatkan agar dapat lebih bersaing dengan kompetitornya, Le Minerale, yang telah menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan sentimen konsumen yang positif. Mengatasi persepsi negatif terkait dengan konflik politik merupakan hal yang krusial bagi Aqua. Metodologi penelitian yang digunakan adalah survei dan analisis data menggunakan SEM PLS, responden penelitian ini adalah Gen Z dan Millenials, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Untuk memahami persepsi konsumen, penulis mengidentifikasi hubungan antara dimensi Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Citra Merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Social Media Marketing Activities memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap Brand Image dengan nilai R square sebesar 97,1%, dan Dimensi Entertainment memiliki hubungan yang paling kuat terhadap Brand Image dengan nilai 24,6%, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan harus melakukan komunikasi yang transparan dan menunjukkan tanggung jawab sosial dengan mendukung inisiatif kemanusiaan dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai saluran utama.