digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bank XYZ adalah perusahaan yang berambisi untuk masuk dalam daftar 10 besar bank di Indonesia. Mereka berkomitmen untuk mempertahankan standar layanan tertinggi, menjadikannya mitra terpercaya bagi individu dan bisnis. Mereka berdedikasi untuk menjaga standar pelayanan tertinggi, menjadikannya mitra terpercaya bagi individu dan bisnis. Perusahaan ini telah membangun jaringan cabang yang kuat, dengan kehadiran di berbagai wilayah di Indonesia dengan total 338 cabang. Divisi sumber daya manusia Bank XYZ telah menghabiskan 29,48% dari anggaran mereka untuk pelatihan tim penjualan jaringan cabang, dengan harapan tim penjualan cabang dapat mencapai 70% KPI mereka dari pelatihan ini. Namun, tingkat kinerja Manajer Cabang di wilayah Jakarta saat ini masih di bawah harapan, menunjukkan adanya kesenjangan kompetensi dalam peran tersebut. Masalah ini perlu segera diatasi untuk menghindari dampak negatif di masa depan bagi perusahaan. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi masalah kesenjangan kinerja di Bank XYZ adalah dengan mengevaluasi proses dan meningkatkan program pelatihan yang saat ini dibuat oleh tim sumber daya manusia untuk posisi Manajer Cabang dengan membandingkannya dengan proses pelatihan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari wawancara dengan divisi sumber daya manusia Bank XYZ dan Manajer Cabang di wilayah Jakarta. Melalui proses ini, ditemukan bahwa terdapat kesenjangan dalam pengembangan kompetensi dan banyak ruang untuk perbaikan dalam proses pelatihan mulai dari penilaian kebutuhan pelatihan, desain pelatihan, metode pelatihan, hingga evaluasi pelatihan. Ini termasuk mengembangkan analisis tugas, mengintegrasikan prosedur praktis ke dalam desain pelatihan, mengembangkan metode online, dan meningkatkan kerangka evaluasi pasca-pelatihan. Merancang program pelatihan berdasarkan data ini bertujuan untuk membantu Bank XYZ meningkatkan proses pelatihan saat ini, kinerja Manajer Cabang, dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.