digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Zulfikar Satriatama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Meluasnya pasar produk skincare saat ini, juga menyebabkan banyaknya kemunculan merek skincare lokal pada industri kosmetik di Indonesia. Dimana, beberapa brand tersebut bersaing dengan menghadirkan produk berkualitas dan berstandar internasional. Sehingga kini persaingan bisnis produk skincare luar negeri dan lokal pun menjadi semakin ketat. Salah satu produk skincare yang telah dinobatkan menjadi merek perawatan kulit terlaris di tahun 2021 adalah brand Somethinc yang diketahui hanya membutuhkan kurun waktu dua tahun untuk meraih penobatan tersebut. Kondisi ini menuntut setiap perusahaan untuk memiliki strategi bauran pemasaran yang dirancang secara terintegrasi untuk menghasilkan respon yang diiginkan dalam pasar sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran 4P yang diterapkan oleh perusahaan Somethinc dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4P yang diterapkan oleh perusahaan Somethinc dalam mempengaruhi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara bersama pihak brand Somethinc, sementara metode kuantitatif dilakukan dengan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden yang merupakan konsumen perusahan Somethinc. Data yang terkumpul kemudian digunakan untuk membuat analisis internal dan eksternal perusahaan. Analisis internal dilakukan dengan Analisis SWOT yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi perusahaan Somethinc, sedangan analisis eksternal dilakukan dengan Analisis TOWS yang digunakan untuk mengumpulkan infomasi mengenai tanggapan konsumen terhadap brand Somethinc. Berdasarkan analisa tersebut, peneliti memaparkan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place dan Promotion) yang diterapkan dan menyajikan Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats yang dihadapi oleh perusahan Somethinc baik secara internal maupun eksternal.