digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di Indonesia, promosi media sosial dikenal sebagai platform terbesar dan paling efektif untuk penjualan yang baik, termasuk dalam promosi kosmetik. Merek kosmetik lokal, CONFITTY, melampaui branding konvensional, berusaha menjalin hubungan yang dekat dan komunikatif seperti seorang teman terpercaya. Namun, meskipun aktif di platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, CONFITTY memiliki tingkat konversi pembelian konsumen yang rendah dan retensi pelanggan yang buruk. Produk ini akhirnya menghadapi tantangan dalam menembus pasar kecantikan karena pangsa pasarnya yang rendah sebesar 0,2% dan kesulitan mendapatkan perhatian dan kepercayaan pelanggan di tengah merek-merek yang sudah mapan. Analisis awal mengidentifikasi ekuitas merek berbasis pelanggan (CBBE) menunjukkan bahwa masalah ini disebabkan oleh tahapan restensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana komunitas merek berbasis media sosial dapat meningkatkan ekuitas merek CONFITTY. Hasilnya akan menjadi pertimbangan dasar untuk mengusulkan strategi komunitas merek berbasis media sosial sebagai upaya meningkatkan loyalitas merek CONFITTY. Untuk mencapai tujuan tersebut, studi ini melakukan analisis internal menggunakan pendekatan VRIO, marketing mix, dan inventori merek; serta analisis eksternal menggunakan pendekatan PESTEL, Porter Five Forces, analisis pesaing, dan eksplorasi merek. Pengumpulan data meneliti hubungan antara komunitas merek berbasis media sosial (SMBBC) dan ekuitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran bersama dalam SMBBC tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, tetapi secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas merek. Sedangkan ritual dan tradisi bersama, serta kewajiban terhadap komunitas dalam SMBBC secara positif dan signifikan mempengaruhi kesadaran merek dan loyalitas merek. Temuan ini mengungkapkan rasa kebersamaan komunitas yang kuat di antara para peserta, menunjukkan adanya komunitas merek berbasis media sosial yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan beberapa implementasi masa depan untuk meningkatkan ekuitas merek CONFITTY. Strategi seperti menerapkan program loyalitas dan memberikan penghargaan kepada pelanggan setia muncul sebagai strategi yang menjanjikan dalam komunitas merek CONFITTY untuk mengatasi masalah terkait retensi pelanggan. Penyempurnaan berkelanjutan dari asosiasi warna CONFITTY dan pembaruan periodik dari identitas visualnya adalah langkah penting dalam meningkatkan daya tarik merek