Secara umum dinamika suatu industri perhotelan dipengaruhi oleh beberapa
faktor, baik secara internal maupun eksternal, dan hotel dituntut untuk memenuhi
standar tertentu agar dapat beroperasi dengan baik. Faktor tersebut terdiri dari
aspek ekonomi, teknologi, pengalaman dan preferensi konsumen, keberlanjutan,
serta regulasi. Namun di antara semua itu, teknologi memiliki peran yang lebih
penting karena industri secara keseluruhan kini berada pada periode 4.0. Agar
lebih mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan
mempertahankan atau bahkan meningkatkan reputasi, hotel dapat mencoba
memanfaatkan teknologi dengan membuat beberapa strategi mengenai bisnis
operasional mereka berdasarkan suara pelanggan selain berspekulasi secara
mandiri dari sumber informasi lain, sehingga tindakan yang diambil dapat lebih
tepat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan analisis sentimen, yang
penting bagi hotel karena suatu penelitian menunjukkan bahwa masyarakat selalu
membaca ulasan sebuah hotel sebelum memutuskan untuk memesannya. Tesis ini
khusus membahas tentang analisis sentimen terhadap Grand Paradise Hotel, di
mana hotel tersebut memiliki arsitektur yang mewah, tetapi bintang sebenarnya
hanyalah tiga, dan peringkatnya ternyata tidak terlalu tinggi di beberapa situs
perjalanan dan ulasan ternama. Berdasarkan ulasan online pelanggan yang
dimodelkan dengan Naive Bayesian Classifier berakurasi 80%, bintang tiga dan
peringkat rendah pada Grand Paradise Hotel disebabkan oleh manajemen bisnis
operasional yang kurang baik, di mana mencakup topik perwujudan, keandalan,
daya tanggap, dan jaminan dalam layanan model berkualitas; dan faktor yang
menjadi penyebabnya sebagian besar dianggap sebagai kelemahan hotel karena
banyak pelanggan yang mengeluhkan hal tersebut. Strategi yang dapat dilakukan
untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga hotel dapat memiliki reputasi
yang lebih baik dan diharapkan menjadi berbintang empat adalah dengan
melakukan pemeliharaan berkelanjutan, mengadakan program pengembangan
karyawan, memaksimalkan sumber daya internal hotel, memperkuat kawasan
sekitar, menciptakan nilai jual yang unik, dan bermitra dengan bisnis lokal lain di
dekat lokasi hotel. Hasil penelitian tesis ini ditujukan utamanya kepada manajer
Hotel Grand Paradise, di mana beliau perlu mengevaluasi dan menyesuaikan
hasilnya dengan kondisi hotel terkini, lalu menugaskan departemen terkait untuk
melaksanakannya secara bertahap dan berkesinambungan. pemantauan rutin
untuk melacak kemajuan, serta memvalidasi hasil nyata mereka di akhir, apakah
telah mencapai sesuai target atau tidak.