digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam beberapa tahun terakhir, merek kosmetik di Indonesia telah mengubah strategi pemasaran mereka untuk menekankan inklusivitas, dengan tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan. Perubahan ini mencakup penggambaran standar kecantikan yang beragam dan inklusi berbagai warna dan jenis kulit dalam lini produk mereka. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa citra merek yang inklusif secara signifikan meningkatkan kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyelidiki pengaruh citra merek yang inklusif pada produk kosmetik di Indonesia terhadap loyalitas pelanggan, dengan fokus khusus pada konsumen Generasi Z. Dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei online yang didistribusikan kepada 201 responden berusia 12-27 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara citra merek yang inklusif dengan kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, dan loyalitas dalam konteks pasar kosmetik Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM. Temuan menunjukkan bahwa citra merek yang inklusif secara positif mempengaruhi kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan, yang kemudian memperkuat loyalitas pelanggan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang dapat membantu merek kosmetik lokal untuk meningkatkan strategi pemasaran inklusif mereka, sehingga menumbuhkan rasa penerimaan dan kebersamaan di antara basis pelanggan mereka yang beragam dan mendorong loyalitas pelanggan.